Presiden Lantik Dua Menteri Baru dan Kepala BRIN

13
Proses pengambilan sumpah jabatan dua menteri baru

Jakarta-Wirafokus.com – Presiden Joko Widodo resmi melantik dua menteri baru di Istana Negara Jakarta pada Rabu (28/4/2021). Pertama ialah Bahlil Lahadalia yang ditunjuk sebagai Menteri Investasi dan Nadiem Makariem sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mengawali acara pelantikan, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara membacakan Keputusan Presiden Nomor 72P/2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia maju periode 2019-2024.

Selain dua tokoh tersebut, Presiden Jokowi juga melantik Laksana Tri Handoko yang mengisi jabatan sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Laksana sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Selain Kepala BRIN, Jokowi juga melantik Indriyanto Seno Adji yang akan menjadi anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan Plt Wakil Ketua KPK itu menggantikan Artidjo Alkostar.

Sebelumnya, Bahlil merupakan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Seiring peningkatan status BKPM menjadi kementerian, maka eks Ketum HIPMI itu menduduki jabatan menteri investasi.

Sementara itu, Nadiem merupakan menteri pendidikan dan kebudayaan. Seiring perubahan nomenklatur di mana Kemenristek dilebur ke dalam Kemendikbud, eks bos Gojek ini pun mendapat amanah sebagai mendikbudristek.

Sebelumnya, DPR RI telah menyetujui pembentukan Kementerian Investasi. Selain itu, DPR juga telah menyetujui peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Keputusan itu menyetujui Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian yang sebelumnya telah dibahas dalam Rapat Konsultasi Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 8 April 2021. (red/fks)