Amankan Pilwali Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gelar Apel Persiapan Personel

23

 

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak saat memeriksa anggota upacara bersama TNI dan Institusi yang terkait

Surabaya, wirafokus.com-Menjelang Pilwali Surabaya yang akan digelar 9 Desember mendatang, Polres Pelabuhan Tanjung Perak melakukan persiapan. Bersama TNI, Bawaslu, Bakesbang Linmas, Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Polres Tanjung Perak menggelar Apel Mantap Praja Semeru 2020 di Gapura Surya Nusantara, Senin (30/11/2020) pagi.

Menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Ganis Setyaningrum, apel ini dalam rangka pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilwali Surabaya.

“Selain mengecek kesiapan personel, apel ini dimaksudkan untuk mengecek persiapan sarana dan prasana,” kata Ganis Setyaningrum.

Pada kesempatan tersebut juga digelar simulasi kegiatan pencoblosan di TPS oleh KPU dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), seperti mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Pemilih yang sedang mencoblos di simulasi dalam gelar upacara persiapan Pilwali.

“Dengan adanya simulasi ini, kita berharap nantinya anggota yang melakukan pengamanan tidak ada keragu-raguan dalam pelaksanaan tugasnya,” terang Ganis.

Protokol kesehatan juga dianggap penting, mengingat Pilwali Surabaya kali ini digelar pada masa pandemi Covid-19. Karena itu, ia menghimbau agar masyarakat yang datang ke TPS menerapkan protokol kesehatan. “Harus cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak,” pinta Ganis.

Pemilih disabilitas saat hendak memilih atau mencoblos, didampingi oleh pendamping dari KPPS

Tak hanya itu, masyarakat yang datang ke TPS juga akan dicek kesehatannya. “Pemilih dengan suhu tubuh di atas 37 derajat akan disediakan bilik khusus di area TPS. Sedang bagi disabilitas pendampingnya harus mengisi form pendampingan,” pungkas Ganis. (dwi)