Vaksinasi Tahap II Dilaksanakan, Khofifah Minta Nakes Dituntaskan

15
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak ketika di vaksinasi covid 19 tahap kedu

Surabaya, Wirafokus.com- Pejabat jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim, tokoh masyarakat dan perwakilan dari pemuda menjalani vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis (28/1/2021) pagi. Penyuntikan vaksin ini merupakan kelanjutan dari tahap pertama yang dilakukan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, 14 Januari 2021 lalu.

Vaksunasi Covid-19 tahap kedua yang diikuti 21 orang ini diawali Pangdam V Brawijaya Suharyanto, kemudian disusul Wakapolda Jatim Slamet Hadi Supraptoyo dan Kajati Jatim Mohammad Dofir. Setelah itu dilanjut Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono dan peserta vaksinasi lainnya.

Ketua Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim dr Joni Wahyuhadi mengatakan, vaksinasi ini merupakan bentuk ikhtiar melawan Covid-19. Vaksinasi sebagai salah satu metode menekan angka penyebaran Covid-19 selain mencanangkan 3M.

”Kami laporkan semua sudah siap. Precaution dan keamanan pemberian vaksin sudah dilakukan. Semoga dengan dilaksanakannya suntik vaksin ini kita bisa mengendalikan Covid-19,” kata dr Joni yang juga Direktur Utama RSUD dr Soetomo Surabaya.

Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono ketika menjalani suntik vaksin tahap kedua Kamis, (28/1/21)

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melalui virtual mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkomitmen dan mendukung pelaksanaan vaksinasi. Dia juga berpesan kepada semua pihak agar menuntaskan segera vaksinasi untuk tenaga kesehatan (nakes).

”Dari tanggal 28 sampai 31 Januari saya mohon komitmen vaksinasi untuk SDM kesehatan bisa dituntaskan. Setelah itu baru ke masyarakat dan petugas yang berada di lini terdepan yang memang berisiko tinggi,” pinta gubernur perempuan pertama di Jatim itu.

Khofifah juga berharap semua pihak menguatkan dan mendukung program Jatim Bangkit yang telah Pemprov Jatim.

”Yang kami sampaikan, Tahun 2021 Jatim Bangkit. Kebangkitan pemerintah dan organisasi tangguh, butuh kuat. Seluruhnya komitmen vaksinasi tahap kedua. Terima kasih tim teknis. Vaksinasi kedua saya harapkan lancar dan sukses,” harapnya.

Wagub Emil Elestiano Dardak yang menjalani vaksinasi di urutan keempat menyatakan tidak mengalami reaksi apa-apa setelah disuntik. “Alhamdulillah. Cuma kita masih mengobservasi apakah ada efek, misalnya yang sekarang lebih terasa duluan adalah pegal-pegalnya. Tapi itu kan variatif ya, jadi nggak ada hal yang sangat signifikan,” akunya.

Adapun 21 orang yang menjalani vaksinadi Covid-19 tahap dua pada hari ini, selain nama-nama di atas, yakni Ketua IDI Jatim Sutrisno, Kabiddokes Polda Jatim Hisbullah Huda, Kepala BPOM Surabaya Rustiawati, Dirut RSUD dr Soetomo Surabaya Joni Wahyuhadi, Dekan FKM Universitas Airlangga Surabaya Santi Martini, Deputi Direktur BPJS Kesehatan Jatim I Made Puja Yasa, Ketua DPW PPNI Jatim Nursalam, Ketua SPSI Ahmad Fauzi, Anggota PGRI Teguh Sumarsono, Influencer Skak Corp Bayu Eko Muktito, Anggota IBI Jatim Wahyul Anis, Anggota Pemuda Hindu Jatim I Dewa Agung Wirya Guna, Anggota Pemuda Kristen Jatim Aurelia Teodosia, Pemuda Ansor Jatim M. Syafiq Syauqi, dan tokoh pemuda Jatim (Influencer) Arrival Liwafa. (pin)