Vaksin Sinovac Akan Dibagikan Kepada 22 Puskesmas di Bangkalan

19
Dengan pengawalan ketat Vaksin Sinovac di masukan ke gudang penyimpanan farmasi kantor Dinkes Bangkalan.

Bangkalan, Wirafokus.com – Dengan pengawalan ketat dari Satuan Brimob Polda Jatim pengirinan Vaksin Sinovac tiba di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Rabu (27/01/2021) dini hari.

Vaksin Sinovac akan dibagikan serentak pada hari, Rabu pagi ke seluruh puskesmas yang ada di wilayah Bangkalan.

Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, Sudiyo menjelaskan Vaksin sebanyak 2480 dosis sudah diterima pihaknya selanjutnya akan disimpan di gudang penyimpanan farmasi yang ada di bagian belakang kantor Dinkes Bangkalan.

“Hari ini secara serentak dibagikan kepada 27 Faskes, 22 Puskesmas, 3 rumah sakit, dan 2 poliklinik swasta,” terang Kadinkes saat di temui di ruang kerjanya

Sudiyo menambahkan pengiriman vaksin pada tahap satu ini diperuntukkan “Kelompok Prioritas Utama” yaitu Tenaga Kesehatan (Nakes) yang tersebar di wilayah Kabupaten Bangkalan.

Untuk tahap satu khusus Nakes. Dan untuk pelaksanaan vaksinnya di mulai hari Kamis hingga Sabtu. Itu sudah harus selesai dan untuk vaksin berikutnya masih jatah untuk Tenaga Kesehatan.” tambahnya.

Menjawab pertanyaan apakah Sinovac aman disuntikkan. Mantan Kepala Puskesmas Blega ini dengan yakin mengatakan aman. Sebab menurutnya sebelum kemudian Sinovac diproduksi massal dan diditribusikan seudah melalui uji klinis secara ketat.

“Berdasarkan kajian ilmiah yang dilakukan oleh para ahli, kesimpulannya aman,” tegas Sudiyo.

Kadinkes meneruskan penjelasannya. Vaksin akan dilakukan sebanyak dua kali dosis dalam rentang dua minggu pada setiap orang.

“Ini Vaksin Sinovac diberikan dua kali dosis dengan interval empat belas hari,” pungkasnya. (HH)