Pencuri Uang Kotak Amal Ditangkap Warga

20
Tersangka AS bersama barang bukti linggis, tas rangsel, dan uang yang dicuri.

Surabaya,wirafokus.com- Sepandai pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga. Peribahasa ini cocok buat pencuri uang kotak amal di Masjid Roudhotul Jannah, Jalan Dukuh Bulak Banteng, Kenjeran Surabaya.

Nasib apes itu dialami AS (40), warga Bulak Banteng Surabaya. Kamis (26-11-2020) sekitar pukul 10.45 WIB, ia melakukan pencurian uang dalam kotak amal.

Sebelum mencuri, AS berjalan kaki membawa tas rangsel warna hitam berisi linggis di depan masjid. Melihat situasi sepi, AS masuk dan membuka kotak amal dengan cara merusak gemboknya pakai linggis.

Pelaku AS berhasil mengambil uang sekitar Rp 180 ribu yang dimasukkan tas rangsel. Setelah itu bergegas meninggalkan masjid.

Malangnya, SBD (67) salah seorang jamaah laki-laki asal Bangkalan, memergoki perbuatan AS. Melihat gembok kotak amal rusak, SBD kemudian memeriksa tas rangsel yang dibawa AS.

Tersangka pun tidak berkutik saat dalam rangselnya ditemukan linggis dan uang yang diakui baru saja diambil dari kotak amal masjid.

SBD lantas melaporkan kasus ini ke Polsek Kenjeran. Dalam pemeriksaan tersangka mengaku sudah 4 kali mencuri uang kotak amal di masjid.

Kapolsek Kenjeran Kompol Esti membenarkan adanya laporan pencurian kotak amal di Masjid Roudhotul Jannah. “Kini tersangka dalam pemeriksaan anggota kami,” kata Kompol Esti kepada awak media. (dwi)