Ibu Gubernur, Polri – TNI, Satpol PP dan Ormas Di Jatim Laksanakan Operasi Yustisi Prokes Covid19

8
Pelaksanaan apel sebelum melaksanakan Operasi Yustisi Prokes Covid19

Surabaya, Wirafokus.com – Pada hari Jum’at, tanggal 2 April 2021 Pukul 21.30 WIB telah dilaksanakan kegiatan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan sesuai Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 148 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Kedua Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 Di Tingkat Desa Dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 Di Provinsi Jawa Timur serta Peraturan Walikota Surabaya Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Surabaya Nomor 67 Tahun 2020 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Rangka Pencegahan Dan Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 di Kota Surabaya, dalam rangka melakukan tindakan kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

LAPORAN TIM I

Hadir Dalam Patroli Gabungan Tim I:

– Polda Jatim (Ditlantas, Ditreskrim, Ditintel, Pam Obvit, Ditsabhara, K9, Dokpol dan Sat Brimob)
– Denpom Kodam V/Brawijaya
– Satpol PP Prov. Jatim
– Elemen Masyarakat (Mahasiswa, Pemuda Pancasila, Banser, Komunitas Bonek)

Pada pukul 19.30 WIB Melaksanakan APP di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Prov. Jatim dipimpin oleh Staf TU Satpol PP Prov. Jatim (Bp. Septo Yusufi) dalam arahannya menyampaikan kegiatan Patroli kali ini utamakan Jaga kesehatan diri masing – masing Anggota.

Pada pukul 21.00 WIB melaksanakan APP di Kantor Polda Jatim dipimpin oleh Kompol Slamet, Kasubag Anev Ditpam Obvit Polda Jatim dan didampingi Staf TU Satpol PP Prov. Jatim (Bp. Septo Yusufi). Dalam arahannya menyampaikan Penekanan pada Masyarakat agar tetap melaksanakan Protokol Kesehatan (Pakai Masker, Jaga Jarak, Cuci Tangan Pakai Sabun) Membubarkan Masyarakat yang masih berkerumun, Dalam pelaksanaan utamakan sikap yang Harmonis dan tidak Arogan, Melaksanakan Penindakan Penyitaan KTP kepada Penjual dan Pengunjung Warkop/Cafe.

Route Yang Dilalui Tim I:

Mapolda Jatim – Jl. Ahmad Yani – Jl. Wonokromo – Jl. Joyoboyo – Jl. Gunung Sari – Jl. Inspeksi – Jl. Raya Menganti – Jl. Babatan Unesa – Jl. Citra Raya Unesa – Jl. Niaga Gapura – Jl. Raya Lontar – Jl. Mayjend Yono Suwono – Jl. Mayjen HR Muhammad – Jl. Mayjen Sungkono – Jl. Patmosusastro – Jl. Dr. Soetomo – Jl. Diponegoro – Jl. Pasar Kembang – Jl. Kedung Doro – Jl. Blauran – Jl. Bubutan – Jl. Indrapura – Jl. Rajawali – Jl. Kasuari – Jl. Pahlawan dan selanjutnya Kembali ke Mako Satpol PP Prov. Jatim Jl. Jagir Wonokromo pukul 00.10 WIB.

Locus Target Operasi Yustisi Tim I:

Foodpedia, Jl. Citraland Surabaya Palm Hill No. K 08-01, pengelola An. Iman Tauchid.* Petugas melaksanakan imbauan protokol kesehatan 5M (kesehatan Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro III) kepada pengelola Cafe/Bar. Petugas juga Menyita 1 KTP milik pengelola Cafe / Bar karena tidak mematuhi protokol kesehatan dan kapasitas maksimal 50%.

Massive, Jl. Niaga Gapura Block K.

Petugas melaksanakan imbauan protokol kesehatan 5M (kesehatan Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro III) kepada pengelola Cafe/Bar. Petugas juga Menyita 7 KTP milik pengunjung Cafe / Bar karena tidak mematuhi protokol kesehatan dan kapasitas maksimal 50%.

Alcatraz Jl. Kasuari No. 11:

Petugas melaksanakan imbauan protokol kesehatan 5M (kesehatan Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro III) kepada pengelola Cafe/Bar.

Pemeriksaan di salah satu cafe

LAPORAN TIM II:

Hadir Dalam Patroli Gabungan Tim II :

– Kodim 0817 Gresik
– Polres Gresik
– Satpol PP Kab. Gresik
– Satpol PP Prov. Jatim
– Mahasiswa, PMII, Bonek Surabaya, Banser dan Pemuda Pancasila

Pada pukul 20:00 WIB melaksanakan APP di Mapolres Gresik dipimpin oleh ( Ipda Saekan) selaku Kanit Sabhara, Polres Gresik dalam arahannya menyampaikan Penekanan pada Masyarakat agar tetap melaksanakan Protokol Kesehatan (Pakai Masker, Jaga Jarak, Cuci Tangan Pakai Sabun) Membubarkan Masyarakat yang masih berkerumun, Dalam pelaksanaan utamakan sikap yang Humanis dan tidak Arogan, Melaksanakan Penindakan Penyitaan KTP kepada Penjual dan Pengunjung Warkop/Cafe.

Route Yang Dilalui Tim II:

Mapolres Gresik – Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo Jl. Raya Gresik babat Jl. Sumatera Jl. Panglima Sudirman Jl. Pahlawan Jl. Veteran Jl. R. A Kartini Jl. Arief Rahmad Hakim dan selanjutnya kembali ke Surabaya kantor Satpol PP Prov. Jatim Jl. Jagir Wonokromo pukul 00.05 WIB

Locus Target Operasi Yustisi TIM II:

Gereja kenosis indonesia (jl. dr Wahidin sudirohudoso 7 , Kembangan).

Petugas melaksanakan imbauan protokol kesehatan 5M (kesehatan Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro III) kepada pengelola Gereja.

Gereja ST. Perawan maria gresik ( Jl. Arief Rahman Hakim no.16 ).

Petugas melaksanakan imbauan protokol kesehatan 5M (kesehatan Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro II) kepada pengelola Gereja.

Gereja tabernakel Gresik ( jl. dr. Soetomo).

Petugas melaksanakan imbauan protokol kesehatan 5M (kesehatan Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro III) kepada pengelola Gereja.

Cafe Toyota ( Jl. dr.soetomo).

Petugas melaksanakan imbauan protokol kesehatan 5M (kesehatan Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro III) kepada pengelola Cafe/Bar.

Cafe Kopi Ied ( Jl.dr. soetomo).

Petugas melaksanakan imbauan protokol kesehatan 5M (kesehatan Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro III) kepada pengelola Cafe/Bar.

KESIMPULAN TIM I :

Penindakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan sesuai Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 148 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Kedua Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 Di Tingkat Desa Dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 Di Provinsi Jawa Timur serta Peraturan Walikota Surabaya Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Surabaya Nomor 67 Tahun 2020 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Rangka Pencegahan Dan Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 di Kota Surabaya, dalam rangka melakukan tindakan kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

Pelanggaran Protokol Kesehatan

Tempat Usaha sebanyak 2 Pelanggar dari 3 Lokus terdiri dari 7 KTP milik Pengunjung sementara disita oleh petugas Satpol PP Prov. Jatim, dapat diambil pada hari Selasa, 6 April 2021 di Kantor Satpol PP Prov. Jatim pukul 08.00 s/d 15.00 WIB.

KESIMPULAN TIM II :

Penindakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan sesuai Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 148 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Kedua Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 Di Tingkat Desa Dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 Di Provinsi Jawa Timur serta Surat Edaran Bupati Gresik Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro) untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Gresik.

Tindakan Yang Dilakukan :

1. Berkoordinasi dengan pengurus dan satpam gereja untuk meningkatkan kewaspadaan, apabila di temukan hal-hal yang mencurigakan, secepatnya untuk segera melaporkan pada aparat keamanan ( TNI, Polri, Satpol PP ).

2. Petugas menyampaikan terhadap pengurus gereja untuk tidak takut beribadah dan tetap menjalankan ibadah sesuai jadwal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan Pembatasan kapasitas penggunaan tempat ibadah.

3. Pengurus gereja agar berkoordinasi dengan aparat terkait mengenai jadwal ibadah, agar kedepan dapat ditugaskan beberapa personil untuk membantu pengamanan dalam pelaksanaan ibadah.

Tujuan Kegiatan:

1. Memberikan rasa aman dan nyaman saat pelaksanaan ibadah paslah, dan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan.

2. untuk menjamin rasa aman kepada masyarakat dan menjamin situasi kondisi yang kondusif di wilayah kabupaten Gresik.

Kegiatan Patroli selesai dengan berjalan lancar, aman dan kondusif
Demikian Laporan yang dapat kami sampaikan dan Terima kasih (Kij/hms Prov)