Apel Bersama Forkopimda Wilayah Kecamatan Waru Sidoarjo Dalam Penerapan PPKM

29
Apel bersama Forkopimda Kecamatan Waru Sidoarjo dipimpin langsung oleh Plt Camat Waru Mahendra Rudi

Sidoarjo,wirafokus.com- Pihak Forkopimda Kec. Waru-Sidoarjo melakukan apel bersama Senin, 11 Januari 2021 sekira pukul 07.00 WIB s.d selesai, di Halaman Ruko Graha Tirta Kecamatan Waru Sidoarjo, yang diikuti seluruh Forkopimda, dari unsur, Plt Camat Waru Mahendra Rudi, beserta Satpol PP Kecamatan, Danramil beserta perwakilan anggota, Kapolsek beserta perwakilan anggota, Kepala Desa beserta perangkatnya wilayah Kecamatan Waru, Tokoh Agama dari NU, LDII, Muhammadiyah, MUI, Organisasi GP Ansor, Banser, Pemuda Pancasila, Kartar Wilayah Kecamatan Waru.

Apel pagi itu bertujuan untuk pelaksanaan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diberlakukan wilayah Jawa dan Bali, dari 11-25 Januari 2021, serta jam malam yang diberlakukan setiap hari pada pukul 22.00 WIB. Dan PPKM adalah pengganti dari istilah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dalam sambutan apel yang dipimpin langsung oleh Plt Camat Waru Mahendra Rudi, mengatakan,”di harap untuk para Kades wajib membawa mobil desa saat apel, sekaligus disiapkan dalam mobil alat pengeras suara, setelah apel nanti, mobil desa keliling di desa masing-masing untuk mensosialisasikan PPKM dan jam malam 22.00 WIB secara serentak, melalui pengeras suara dengan mobil dinas, dan pengeras suara di musholah ataupun masjid,”kata Mahendra Rudi selaku Plt Camat Waru Sidoarjo dalam sambutannya.

Mahendra Rudi juga menambahkan,”Pemdes (Pemerintah Desa) wajib menghidupkan kembali posko Satgas Covid-19 di Balai Desa, RW dan RT, untuk melakukan jam malam dengan menutup semua jalan masuk ke desa masing-masing, kecuali jalan protokol, dan setiap hari Satgas Kec. Waru melampirkan giat yang dilakukan beserta foto dokumentasi kepada Satgas Kabupaten Sidoarjo, setiap 3 hari wajib dilakukan ANEV oleh Tim Satgas Kecamatan dan Desa, serta melaporkan secara berjenjang,” tambah Mahendra Rudi.

Peserta Apel bersama Forkopimda wilayah Kec. Waru-Sidoarjo

Dari semua unsur yang berkaitan dengan pelaksanaan PPKM untuk Kecamatan Waru, Ketua RW 01 Bungurasih Timur Irwan Hamonangan S.H., M.H., mengatakan,” sehubungan dengan adanya apel bersama Forkopimda dan unsur-unsur dari ormas kemasyarakatan, telah menunjukkan sinergitas antar institusi di tingkat Kecamatan dengan beberapa ormas kemasyarakatan, serta menindaklanjuti penegakkan peraturan dan pencegahan penyebaran Covid-19, dan menurut kami dengan adanya apel bersama tersebut, bukan hanya sebuah euforia kerjasama dan kekompakan antar institusi, ormas dan tokoh masyarakat,” kata Irwan Hamonangan S.H., M.H., selaku Ketua RW 01 Bungurasih kepada wartawan wirafokus.com.

Dari lingkungan RW 01 Bungurasih yang juga dibawah pembinaan Binmas Polsek Waru Aiptu Andre, bahwa penerapan pencegahan pendemi Covid-19 secara maksimal selalu dilakukan setiap hari kepada masyarakat Bungurasih Timur RW 01.

Irwan Hamonangan S.H., M.H., menambahkan,” lebih dari itu yaitu secara maksimal dengan memberikan edukasi dan pembinaan kepada masyarakat tanpa henti, bukan hanya sanksi penindakan, tetapi lebih memberikan pembinaan dan ketentraman di masyarakat, dengan memperhatikan nilai-nilai sosial di masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Waru,” tambahnya.

Selanjutnya setelah diadakan apel pelaksanaan PPKM, dilanjutkan Ops. Yustisi pada siang hari dan nanti malam dan dilakukan oleh seluruh forkopimda wilayah Kec. Waru Sidoarjo. (dwi w/fks)