Polsek Pabean Cantikan Gelar Operasi Yustisi Prokes

9
Ops Yustisi yang dilakukan oleh Polsek Pabean Cantikan beserta TNI, dan instansi terkait

Surabaya,wirafokus.com- Untuk menekan penyebaran Covid-19 di Jawa Timur khususnya Surabaya Polsek Pabean Cantikan menggelar Operasi Yustisi (Ops Yustisi) bagi pengguna jalan yang melintas di Jl. Waspada Kelurahan Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantikan.

Operasi Yustisi yang di pimpin langsung oleh Kapolsek Pabean Cantikan AKP Kadek Oka Suparta S.H., S.I.K, dilaksanakan di Jl. Waspada Surabaya, Jumat, (4/12/20) sekira pukul 08.30 sampai dengan pukul 09.35 Wib.

Kegiatan yang melibatkan dari beberapa unit di jajaran Polsek dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak serta institusi terkait diantaranya Kanit Intel AKP Sarasa, Reskrim, Kanit 1 Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Satpol PP, Tim Deteksi Covid-19, TNI, serta Dinas Kesehatan.

Adapun tindakan atau sanksi dalam Ops Yustisi tersebut berupa sanksi sosial dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan penindakan secara langsung berupa pemberian surat tilang dengan penahanan KTP dan akan dikembalikan melalui proses sidang.

Dalam Ops Yustisi bagi pelanggar juga akan dilakukan swab ditempat oleh petugas Dinkes dari Puskesmas setempat.

Saat Apel Persiapan Ops Yustisi

Usai melalukan kegiatan Ops Yustisi Kapolsek Pabean Cantikan AKP Kadek Oka Suparta S.H., S.I.K, menjelaskan bahwa pelaksanaan Ops Yustisi kesehatan berjalan lancar, aman, dan terkendali serta berhasil memberikan sanksi atau penindakan bagi pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes)

Adapun hasil dari Ops Yustisi tersebut yaitu 35 orang pejalan kaki tidak menggunakan masker, 7 (tujuh) orang pelanggar diberikan sanksi sosial berupa Push Up, menghafal Pancasila, serta membaca doa Alfatekha, dan 7 (tujuh) orang pengguna R2 dan R4 yang tidak menggunakan masker dengan pemberian sanksi surat tilang.

Sedangkan untuk 21 orang pelanggar langsung dilakukan swab oleh instansi terkait

“Giat Ops Yustisi gabungan dan tilang ditempat ini, Implementasi Inpres No. 06 Tahun 2020, Pergub No. 53 Tahun 2020, Perda Trantibum Jatim 02 Tahun 2020 tentang pendisiplinan protokol kesehatan,” kata AKP Kadek.(dwi w)