Tes Rapid Anggota KPPS Desa Medaeng dan Desa Bungurasih Diduga Indikasi Corona

41

 

Anggota KPPS Desa Medaeng dan Desa Bungurasih saat melaksanakan tes rapid di Gedung Serba Guna Bungurasih

Sidoarjo,wirafokus.com- Dalam pelaksanaan Pilkada Sidoarjo secara serentak, Desa Bungurasih dan Desa Medaeng Kecamatan Waru Sidoarjo, melakukan tes rapid Minggu (29/11) sekira pukul 15.00 WIB sampai dengan selesai. Dilaksanakan di Gedung Serba Guna Bungurasih, Jl. Bungurasih Barat Kecamatan Waru Sidoarjo.

Dalam kegiatan ini, semua petugas ataupun anggota KPPS beserta Petugas Ketertiban melaksanakan tes rapid dengan mematuhi aturan protokol kesehatan, antara lain, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, serta mengunakan masker.

Secara kebetulan memang pelaksanaan Pilkada ini bersamaan dengan adanya Covid-19, sehingga semua petugas KPPS dan Petugas Ketertiban diharapkan untuk melakukan tes rapid secara serentak dan bergiliran di tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Anggota KPPS Desa Medaeng dan Desa Bungurasih menunggu giliran tes rapid di gedung serba guna Bungurasih.

Pemeriksaan tes rapid ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya indikasi Covid-19 bagi anggota KPPS dan Petugas Ketertiban yang nantinya sebagai petugas dalam melayani pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), dibagi tiap desa masing-masing, yaitu Desa Medaeng berjumlah 207 (dua ratus tujuh) orang anggota KPPS dan Petugas Ketertiban, untuk Desa Bungurasih berjumlah 180 (seratus delapan puluh) orang anggota KPPS beserta Petugas Ketertiban.

Pemeriksaan rapid tes bagi anggota KPPS dan Petugas Ketertiban di tiap wilayah desa diketuai PPS masing-masing wilayah desa tersebut, yaitu untuk PPS Desa Medaeng diketuai oleh Riza, dan PPS Desa Bungurasih diketuai oleh Moh. Ichsan.

Menurut keterangan Rizky selaku anggota PPS Desa Bungurasih,” untuk PPS sudah di Tes Rapid, dan untuk KPPS beserta Petugas Ketertiban hari ini mulai di rapid, memang hari ini adalah jadwal Kecamatan Waru, sedangkan jadwal pelaksanaan tes rapid dilakukan secara bergiliran dalam setiap hari,” kata Rizky anggota PPS yang juga selaku staff di Balai Desa Bungurasih, Kecamatan Waru Sidoarjo.

Dengan mematuhi protokol kesehatan, anggota KPPS semua mematuhi aturan dengan memakai masker

Dari hasil pemeriksaan tes rapid anggota KPPS dan Petugas Ketertiban, yang awalnya untuk Desa Medaeng berjumlah 207 orang, yang datang melakukan tes rapid hanya 197 orang, begitu juga untuk Desa Bungurasih yang awalnya 180 orang dan yang datang 165 orang.

Pelaksanaan tes rapid dinyatakan sudah selesai sekitar pukul 21.30 WIB, dengan situasi aman dan terkendali. (Dwi W)