Puluhan Rumah dan Dua Gedung Sekolah di Bangkalan Rusak Diterjang Angin Puting Beliung.

22

Ket foto : Salah satu rumah warga yang diterjang angin puting beliung

Bangkalan, wirafokus.com – Angin puting beliung yang terjadi kurang lebih 15 menit menerjang Desa Gunong Sereng, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Akibat peristiwa tersebut mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan sejumlah rumah penduduk, Jumat, (6/11/20), sore.

Selain merusak sejumlah rumah penduduk, bencana angin puting beliung tersebut juga memporak porandakan dua gedung sekolah SDN Gunong Sereng 1 dan 2,

Atas kerusakan dua gedung sekolahan tersebut, dibenarkan oleh Kepala Sekolah (Kasek) SDN Gunong Sereng 2, Mustain Jakfar, M.Pd.

“SDN Gunong Sereng 1, 2 rusak, kerusakan SDN 2 hanya asbes kantor, sementara kerusakan SDN Gunong Sereng 1 kerusakan asbes 5 kelas dan 1 kantor. Tapi untuk menyebut berapa nilai uangnya, saya belum berani’’ kata Mustain Jakfar Kasek SDN Gunong Sereng 2.

Foto : Bekas pecahan atap gedung sekolah yang diterjang angin puting beliung

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Rizal Moris yang didampingi Muspika Kecamatan Kwanyar pada hari Sabtu, (7/11/20), saat mendatangi lokasi bencana membenarkan akibat terpaan puting beliung itu sejumlah bangunan banyak yang rusak bagian atasnya.

“Sebelas bangunan rusak dengan tingkat kerusakan rata-rata bagian atap rumah,” kata Rizal Moris.

Saat ditanya tentang berapa kekuatan angin puting beliung yang menghantam Desa Gunong Sereng, Rizal menjelaskan bahwa, bila dilihat dari dampak kerusakannya tak bisa menyebut berapa tepatnya, alasannya tak memiliki alat dan menyebut itu bidangnya BMKG, tapi ia hanya menjawab menurut peristiwa puting beliung yang biasa terjadi.

Rizal juga menambahkan bahwa kami tak punya alat pengukur angin, tetapi melihat peristiwa puting beliung yang pernah terjadi di Indonesia, berskala F0, kecepatan kurang dari 117,48 km/jam hingga F1, kisaran 117,48 km/jam, berdasarkan Fujita Scale dengan tipe kerusakan ringan hingga sedang

“Kerugian material sebab hempasan putting beliung tersebut ditaksir tidak sampai ratusan juta,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Gunong Sereng, Amir Mahmud saat dihubungi melalui Whatsapp (WA) belum ada jawaban terkait bencana putting beliung yang terjadi di desanya (Hasan Hasir)