Ditemukan Bom Granat Jenis Nanas di Desa Mulyorejo Grobokan Mojowarno, Jombang

6

 

Ket. Photo: Lokasi penemuan bom granat jenis nanas saat akan evakuasi untuk di bawa ke Mapolda Jatim.

Jombang,wirafikus.com-Telah diketemukan sebuah bom jenis granat nanas oleh Sagi (67) warga Dusun Mulyorejo, Desa Grobokan, Kec. Mojowarno, Kab. Jombang, Rabu (18/11), sekira pukul 11.00 WIB, yang sedang mengerjakan penggalian pondasi rencana pembangunan rumah milik Candra Setia Bakti (29) yang juga warga Dusun Mulyorejo-Mojowarno Jombang.

Awal penemuan bom granat jenis nanas diketemukan saat Sagi yang sedang menggali tanah untuk mempersiapkan pembikinan pondasi rumah milik Candra.

Setelah dilakukan penggalian tanah dengan kedalaman sekitar 60 (enam puluh) cm, tiba-tiba alat penggali berupa ganco menancap ditanah, tetapi disuatu benda yang keras, dan menancap di susunan batu kali, ternyata didalam susunan batu kali tersebut terdapat sebuah bom granat jenis nanas.

Kemudian diambil dan dilihat ternyata memang benar itu adalah bom granat jenis nanas, tetapi karena Sagi yang kesehari hariannya penebang tebu yang ikut mengerjakan pembangunan rumah milik Candra, tidak tahu bahwa yang diketemukan itu barang yang berbahaya.

 

Maka dibuatlah mainan bersama teman kerja Sagi, dengan melempar-lemparkan benda itu, bahkan menurut keterangan Sagi akan di bakar.

“Saya tidak tau kalau itu bom yang bisa meledak, memang sempat saya buat mainan dengan melemparkan bom itu, ya untungnya tidak meledak, bahkan sempat akan saya bakar, kemudian barang berbahaya tersebut saya masukkan kedalam tas plastik dan saya gantungkan di pohon” jelas Sagi sedikit agak ketakutan bahwa yang dibuat mainan adalah bom granat jenis nanas.

Sehari kemudian Kamis (19/11) sekira pukul 10.00 WIB, Candra pemilik lahan yang akan membangun rumah ingin tahu, karena mendengar keterangan dari beberapa teman Sagi yang memberitahukan bahwa Sagi telah menemukan benda asing yang mirip dengan bom granat jenis nanas yang dimasukkan kedalam tas plastik yang digantungkan di pohon.

Tanpa diketahui oleh Sagi dan kawan kawannya, Candra membuka tas plastik tersebut, kemudian melihat benda yang diduga mirip dengan bom granat jenis nanas.

 

Tak lama kemudian benda didalam tas plastik tersebut diambil gambar atau di photo oleh Candra, hasil photo dikirimkan ke Perangkat desa, lalu dilanjutkan ke pihak Kepolisian serta Koramil setempat.

Granat tersebut ditemukan dalam keadaan sudah berkarat, sedang ujung granat sudah rusak, kemungkinan terkena alat penggali milik Sagi.

Kapolsek Mojowarno AKP Yogas membenarkan adanya penemuan bom granat jenis nanas di wilayah hukum Polsek Mojowarno.

“Kami belum tahu granat yang ditemukan warga aktif atau tidaknya, tapi kami tidak mau under estimate, dan benda berbahaya itu butuh penanganan khusus,” terang AKP Yogas selaku Kapolsek Mojowarno.

Saat Kapolsek Mojowarno berada di TKP (Tempat Kejadian Perkara) bersama anggota dan juga pihak dari Koramil menunggu datangnya Tim Jihandak Polda Jatim. Dan tak lama kemudian Tim Jihandak Polda Jatim datang sekitar pukul 18.30 WIB, dilakukanlah olah TKP dan evakuasi barang bukti penemuan bom granat jenis nanas untuk dibawa ke Mapolda Jatim untuk diteliti lebih lanjut, serta akan dimusnahkan. (Red/Dwi W)