Memperingati HUT ke 70 PDGI Jatim Bersama PT. TPPI Gelar Bhakti Sosial Operasi Bibir Sumbing di RSNU TUBAN.

78

Ket foto : (dari kanan ke kiri) Ketua Komite Medik RSNU Bambang Suhariyanto, Ketua PDGI Jatim drg. Yahya, M.kes, Ketua PDGI Cabang Tuban Drg. Rokani, dan Drg.Andra.

Tuban, wirafokus.com – Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55, Hari Jadi Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke-74, Hari Jadi Kabupaten Tuban serta Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2019, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Jawa Timur bersama dengan PT. TPPI mengadakan bhakti sosial operasi bibir sumbing bagi anak-anak yang kurang mampu.

Acara yang mengambil tema “Gigi Sehat Kualitas Sumber Daya Manusia Meningkat” ini di ikuti sebanyak 16 anak usia Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Tuban mengikuti operasi bibir sumbing yang dilaksanakan di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Tuban. Sabtu, (08/02/2020).

Selain operasi bibir sumbing, PDGI juga menggelar sejumlah kegiatan yang juga didukung oleh PT. Trans Pacific Petrochemical Indonesia (TPPI), meliputi penyuluhan kesehatan gigi dan sikat gigi massal, dan di ikuti sebanyak 1000 anak SD/MI, serta penambalan gigi berlubang yang juga diikuti oleh 500 anak.

Ketua Panitia PDGI Jawa Timur, Yahya mengaku bersyukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut yang berjalan dengan sukses. Pihaknya juga berterima kasih kepada RSNU Tuban yang telah memfasilitasi kegiatan operasi bibir sumbing ini, sehingga berlangsung lancar.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak, terutama RSNU yang telah memberikan berbagai fasilitas rumah sakitnya untuk kegiatan bedah bibir sumbing ini,” ungkap Yahya.

Ia menjelaskan, bhakti sosial tersebut merupakan kegiatan tahunan yang sudah berjalan sejak 2011 lalu. Adapun anggota PDGI se-Jatim sendiri sudah sebanyak 4500 orang.

Foto : Para Ketua dan Anggota PDGI jawa Timur di ruang Rapat RSNU TUBAN

Ditempat yang sama, Panitia PDGI Cabang Tuban, Ina Yuliana mengaku, sebanyak 60 anggota cabang dikerahkan untuk mensukseskan kegiatan bhakti sosial operasi bibir sumbing ini, serta dibantu dari dokter, baik mulai pasien masuk hingga rawat inap di RSNU Tuban.

“Untuk yang di lapangan TPPI tadi memang tim kita bekerja untuk persiapannya saja, tapi juga dibantu oleh teman-teman dari provinsi Jatim,” terang perempuan humanis.

Sementara itu, Ketua Komite Medik RSNU Tuban, Bambang Suharyanto mengaku bersyukur atas kerjasama antara PDGI Jatim maupun Pertamina dalam kegiatan sosial bedah bibir sumbing ini. Untuk itu diharapkan agar sinergitas tersebut dapat terus terjalin.

“Kami sangat berterima kasih atas terjalinnya kerjasama ini, dan kita berharap agar kegiatan sosial ini terus berlanjut. Kalau bisa ya di Tuban lagi,” pungkasnya.

Usai kegiatan bhakti sosial bedah bibir sumbing, Ketua PDGI Jatim kemudian memberikan cinderamata kepada Yayasan Seribu Cinta yang menjadi sponsor utama kegiatan bedah bibir sumbing, kemudian RSNU Tuban, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unair, serta PDGI Cabang Tuban Jawa Timur. (KJ)