― Advertisement ―

Dugaan Korupsi Gedung Pemkab 151 M, Penyidik KPK Panggil Ketua DPRD Lamongan 2014-2018

Lamongan, Wirafokus.com.- Lagi-lagi Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil saksi dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Gedung Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan tahun anggaran...
BerandaNasionalDisambati Pengusaha Coklat Soal Sertifikasi Halal, LaNyalla Janji Komunikasikan Dengan Instansi Terkait

Disambati Pengusaha Coklat Soal Sertifikasi Halal, LaNyalla Janji Komunikasikan Dengan Instansi Terkait

Ket foto : Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti foto bersama Direktur Utama PT Kampung Coklat Blitar, Kholid Mustofa dan salah satu Kader Pemuda Pancasila

Blitar, wirafokus, com – Pengurusan sertifikasi halal masih menjadi kendala bagi sebagian besar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk 120 UMKM yang menjadi mitra binaan Kampung Coklat Blitar.

Direktur Utama PT Kampung Coklat Blitar, Kholid Mustofa, saat menerima kunjungan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengatakan bahwa ada 120 UMKM di Blitar yang menjadi binaannya. Mereka minta agar bisa dibantu dan difasilitasi dalam memperoleh sertifikat halal. Selain itu, juga pengurusan izin di BPOM.

“Karena perizinannya sangat lama, bisa satu sampai dua tahun. Kami juga minta bantuan soal networking atau jaringan dalam proses penjualan pasca produksi,” ujar Kholid kepada LaNyalla di Kampung Coklat Blitar, Sabtu (28/12/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa usaha perkebunan coklat ini mulai ia rintis sejak tahun 2004 dan mulai melakukan pengembangan usaha pada tahun 2014. Saat ini, luas area kebun coklat yang dikelolah mencapai 4,8 hektar dengan berbagai fasilitas dan sektor usaha lainnya.

“Selain kebun coklat, ada berbagai fasilitas dan spot lain yang bisa dikunjungi, di antaranya kebun minapolitan, kolam nila, kebun pisang, pabrik pengolahan coklat, wahana bermain dan edukasi, galeri coklat dan area foodcourt,” jelasnya.

Menanggapi aspirasi tersebut, LaNyalla menyatakan siap membantu dan akan mengkomunikasikan dengan instansi terkait.

Foto : Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berkeliling kebun Minapolitan

“Harus kita dukung. Kalau UMKM semua perizinannya harus dipermudah. Tentunya ini akan bisa mempercepat mereka (UMKM, red) memacu produksinya untuk dipasarkan di luar Jawa Timur dan tidak menutup kemungkinan akan diekspor juga,” kata LaNyalla.

Pada kesempatan tersebut, LaNyalla menyempatkan diri berkeliling kebun Minapolitan didampingi Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Blitar Henrin Mulat, melihat hasil produksi kampung coklat dan produk UMKM.

Setelah melihat dan keliling kebun coklat Minapolitan, LaNyalla sempat mengagumi dan memberikan pujian.

“Ini sangat bagus bisa menjadi destinasi wisata yang berkelanjutan apalagi bisa dikembangkan dengan adanya edukasi kepada masyarakat terutama bagi pelajar dan mahasiswa,” ujarnya.(KIJ/LNM)