LOMBA “DOMENG” ATAU DOMINO AGENDA TETAP DISETIAP KEGIATAN KKSS

149

Ket foto : Daeng Ulla (berdiri kemeja Putih) Ketua Panitia Domeng KKSS Jatim yang sudah pakar dan malang melintang di dunia domino

Surabaya, wirafokus.com – Acara Musyawarah Wilayah (Muswil) IX yang beragendakan memilih kepengurusan baru Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Jawa Timur masa bakti 2019-2024 yang digelar di Graha Kadin Jatim juga diramaikan dengan pertandingan permainan Domino (Gapleh) yang diikuti 12 (dua belas) Badan Pengurus Daerah (BPD) se – Jawa Timur, Sabtu (21/9/2019) malam.

Perlombaan Gapleh itu sendiri digelar sebagai sarana mempererat kerukunan warga Sulawesi Selatan yang ada di Jawa Timur khususnya diluar agenda utama Muswil KKSS tersebut.

“Lomba domino ini memang baru kali ini diadakan dalam agenda KKSS, dan nanti akan kita jadikan agenda rutin yang menyertai setiap kegiatan musyawarah baik BPD maupun seperti yang sedang dillakukan pada saat ini Muswil KKSS,” kata Aminullah, S.Sos koordinator pertandingan yang sekaligus Wakil Ketua BPD KKSS Surabaya disela pelaksanaan pertandingan Gapleh.

Disamping itu, lanjut Aminullah, agenda pertandingan gaple tersebut akan disampaikan dalam Musyawarah Besar KKSS yang akan diselenggarakan di solo nanti dengan maksud akan menjadikan agenda rutin.

Foto : Ketua KKSS Jatim foto bersama peserta Domeng dan para peserta KKSS Jatim

“Bahkan kami sudah sampaikan kepada ketua BPW KKSS terpilih, Brigjen Mar (Purn) Amiruddin Harun periode 2019-2024 perihal domino, dan diamini,” akunya.

Menurut Aminullah, pertandingan domino ini dipilih karena dilihatnya, dalam setiap acara hajatan sudah menjadi kebiasaan orang Sulawesi selalu memainkan permainan domino sebagai pengisi waktu, dan bisa menghidupkan suasana.

“Bahkan, dengan domeng (domino.red) dapat membangun keakraban,” jelas Aminullah

Hal itu yang diyakini Aminullah untuk mengangkat permainan domino di dalam setiap kegiatan KKSS, sebab domino tidak hanya sekedar sebuah permainan dengan menggunakan kartu yang bergambar bundaran-bundaran dengan jumlah mulai kosong-kosong hingga enam-enam yang lebih dikenal oleh halayak dengan sebutan “Balak” itu sebuah permainan saja.

“Tapi permainan ini kalau dipertandingkan bisa disejajarkan dengan permainan kartu Bridge,” ungkapnya.

Sedang, turnamen domino di ikuti sebanyak 44 pasang dari unsur Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi selatan se Jawa Timur dengan memiliki background profesi berbeda- buda. Mulai dari TNI, Polri, pengusaha, swasta hingga mahasiswa.

Sementraa itu, DR H. Andi Djamarro Dullang wakil ketua umum Badan Pengurus Pusat KKSS, menjelaskan bahwa pemenang Turnamen domino ini akan di ikutkan pada acara Mubes KKSS, November mendatang di Solo.

Foto : Peserta Domeng dan para juara didampingi Ketua KKSS Jatim terpilih

“Yang merebut Juara di event ini akan mewakili BPW. KKSS Jawa Timur, di Mubes, yang akan digelar di Solo sebagai turnamen Internasional KKSS”, ujar H. Andi Djamarro yang juga sebagai Ketua Persatuan Olahraga Domino Indonesia (PORDI).

Andi Djamarro langsung mendaulat, H. Muhammad Alyas, SH. MH, untuk menjadi Ketua Persatuan Olahraga Domino Indonesia (PORDI) Provinsi Jawa Timur.

“Saya menunjuk langsung saudara H. Muhammad Alyas sebagai Ketua PORDI Wilayah Jawa Timur,” ujarnya.

Turnamen Domino yang di gelar sebagai rangkaian Musyawarah Wilayah IX BPW. KKSS Provinsi Jawa Timur, dimenangkan oleh, Ismail, Irwandi sebagai Juara 1, H. Muslim, Ivon Juara 2, Asrifuddin, Poker Juara 3, dan Juara 4 direbut Amir, dan Karim warga asal Sulawesi Selatan yang domisili dan Merantau di Kota Pahlawan. (Rud/Kij)