― Advertisement ―

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Jakarta, Wirafokus.com - Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan...
BerandaPeristiwaGubernur Khofifah Lepas 460 Penumpang Mudik Gratis ke Masalembu

Gubernur Khofifah Lepas 460 Penumpang Mudik Gratis ke Masalembu

Ket foto : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melepas 460 penumpang mudik dan balik gratis jalur laut tujuan Kec. Masalembu, Kab. Sumenep.

Surabaya, wirafokus.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas 460 penumpang mudik dan balik gratis jalur laut tujuan Kec. Masalembu, Kab. Sumenep. Prosesi pelepasan mudik dengan Kapal Dharma Kartika III tersebut diberangkatkan di Gapura Surya Nusantara Surabaya, Rabu (29/5/19).

Kepada awak media, Gubernur Khofifah mengatakan, pelaksanaan mudik dengan menggunakan kapal tersebut diselenggarakan Pemprov Jatim jelang mudik lebaran. Diprediksi, puncak mudik lebaran tahun ini terjadi pada 2 Juni 2019 mendatang.

Khusus untuk mudik balik gratis jalur kapal laut akan disiapkan 6 rute. Selain jalur laut, Pemprov Jatim juga menyiapkan jalur darat dengan armada bus dan kereta api.

Mudik gratis yang di sediakan tahun ini terdapat sekitar 295.000 penumpang. Namun jumlah tersebut dipastikan bertambah seiring dengan banyaknya instansi dan lembaga yang mengadakan program mudik gratis bagi masyarakat Jatim sejak H-9.

Foto : Gubernur Khofifah saat memberikan bingkisan kepada salah satu penumpang mudik dan balik gratis jalur laut tujuan Kec. Masalembu, Kab. Sumenep

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengapresiasi langkah Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim bersama Pelindo dan instansi terkait dengan pengaturan pola penumpang yang turun dari kapal laut bisa difasilitasi ke terminal bungurasih. Juga ada yang tujuan ke terminal Nganjuk dan Madiun.

“Pola komunikasi seperti ini yang saya apresiasi antara pengusaha dan penyedia transportasi khususnya dalam meningkatkan layanan transportasi bisa terlaksana. Mudah mudahan kondisi ini akan terus membaik dan kita ingin semua masyarakat terlayani dengan baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Dr. Ir. Fatah Jasin melaporkan, bahwa dalam rangka menambah armada kapal untuk mengakomodir lonjakan penumpang pada masa angkutan lebaran, Pemprov Jatim melalui Dinas Perhubungan melaksanakan kegiatan mudik dan balik gratis kepulauan sebanyak 6 rute.

Keenam rute tersebut antara lain, Surabaya-Masalembu (PP) sebanyak 4 voyage, Tanjung Wangi – Sapeken 4 voyage, Gresik-Bawean PP sebanyak 4 voyage dan Kalianget-Kangean sebanyak 5 voyage.

“Hari ini, kita melaksanakan pemberangkatan perdana mudik gratis kepulauan tahun 2019 Rute Surabaya-Masalembu. Perjalanan diprediksi akan ditempuh selama 15 jam. Semoga seluruh penumpang diberi kelancaran dan selamat sampai tujuan berkumpul dengan sanak saudara,” pungkasnya. (Red/Hms Pemprov Jatim)