― Advertisement ―

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Jakarta, Wirafokus.com - Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan...
BerandaHukum & KriminalGedung Sekolahan SDN  NGAGEL 1 Keropos dan Tidak Sesuai Bestek.

Gedung Sekolahan SDN  NGAGEL 1 Keropos dan Tidak Sesuai Bestek.

Surabaya, wirafokus.com -Beberapa Item pekerjaan pembangunan SDN NGAGEL 1 Surabaya. Dari Pantauan wirafokus.com di lapangan struktur dan pelaksanaan langkah kerja. Pada pekerjaan Beton bertulang, besar dimensi beton dalam perencanaan. Penyusutan Volume dimensi beresiko sangat fatal dan rawan terjadi penurunan struktur gedung yang berimbas pada robohnya penahan struktur.seharusnya penawas teliti dan serius, untuk segera mengambil tindakan serius dalam perbaikan.

Tragisnya penyimpangan pekerjaan di biarkan saja oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang ,dalam hal ini bidang pemukiman.Nampak pelaksanaan beton balok portal terusan dek lantai, besaran dimensi beton dan tulangan sengaja disusutkan, tampal dimensi sisa balok setelah pengecoran lantai yang tersisa tidak lebih kurang dari 10 centimeter,berapa seharusnya idial ukuran balok dalam gambar?

Selain itu terlihat Beton balol portal pada penyimpangan tepi tampak keropos ,pada tulangan tidak terbungkus selimut beton, dengan aturan ketebalan semestinya, sehingga tidak terjadi keropos pada beton bertulang yang dikerjakan.

Anehnya Justru Kontraktor dengan seenaknya hanya menambal celah keropos yang terlihat tu lapangan dengan polesan adonan semen, modus tersebut untuk mengelabuhi pengawas dan pihak dinas terkait, atau memang sudah terjadi
kongkalikong kerjasama yang disengaja atau pembiaran dari hasil pekerjaan yang asal-asalan .

Pantauan wirafokus.com, saat awal pelaksanaan struktur dimensi beton bertulang Dek lantai tampak hasil cetak melekung pada dimensi bawah. Idealnya seharusnya dilakukan pengecekan ulang, bila perlu dilakukan pembongkaran.

 

Pelaksanaan seharusnya sesuai Bestek terkait spesifikasi mutu bahan dan ukuran dimensi beton, langkah kerja yang disyaratkan dengan volume pekerjaan seharusnya mengacuh ke Volume Satuan Kerja dan harga satuan kerja, yang tertera pada Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Rencana Kerja dan Syarat-syarat(RKS).

Saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, PPK, Lilik Arijanto,ST,MT, belum dapat ditemuin, untuk memberikan penjelasan. Sekedar diketahui,Gedung SDN NGAGEL 1 SURABAYA, menyerap Anggaran APBD.Tahun 2018, Nilai Kontrak 642.3/1558-B6/436.7.5. Kontraktor Pemenang Tender CV.TRI KARYA MANDIRI, masih dalam Pantauan wira fokus, secara spesifikasi hasil dari pembangunan gedung tersebut, yang telah di serah terimakan dengan masa pemeliharaan sudah dijadwalkan, (pras/cdr)