― Advertisement ―

Hadiri Halal Bihalal Pemuda Pancasila, LaNyalla Ingatkan 62 Kader PP di DPR dan DPD RI untuk Kembalikan Pancasila

Jakarta, Wirafokus.com - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menghadiri halal bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah yang diselenggarakan Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda...
BerandaPeristiwaKapolres Jadi Pembawa Obor Api Abadi Pada Peringatan Hari Jadi Bojonegoro ke...

Kapolres Jadi Pembawa Obor Api Abadi Pada Peringatan Hari Jadi Bojonegoro ke 341

Insert foto : Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli SIK, MH, M, Si saat menerima obor Api Abadi

Bojonegoro, wirafokus.com – Rangkaian puncak kemeriahan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 341 tahun 2018, dilaksanakan dengan Prosesi pengambilan Api Abadi di lokasi Wisata Khayangan Api, Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem, yang dipimpin langsung oleh camat Ngasem Machmuddin, AP, MM, Jumat, (19/10/18), sore.

Setelah dilaksanakan sejumlah ritual dalam Prosesi pengambilan Api Abadi, selanjutnya Obor Api Abadi tersebut diserahkan kepada petugas pembawa obor, yaitu Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli SIK, MH, M, Si, didampingi Aiptu Fauzi anggota Sat Bhinmas Polres Bojonegoro, untuk dikirab dengan cara dibawa berlari menuju Pendapa Pemkab Bojonegoro.

“Motivasi atau tujuan dirinya turut serta berlari sambil membawa obor api abadi dari Balai Desa Ngunut Kecamatan Dander menuju Pendapa Pemkab Bojonegoro adalah sebagai bentuk persembahan atau hadiah dari dirinya dan Polres Bojonegoro, untuk seluruh warga masyarakat Kabupaten Bojonegoro, yang saat ini sedang merayakan hari jadi yang ke 341,” kata Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli SIK, MH, M, Si, disela-sela pengambilan api abadi.

Foto Kapolres Bojonegoro membawa obor api abadi sambil berlari bersama anggota polres dan TNI

“Ini merupakan persembahan dari Polri, untuk seluruh warga masyarakat Kabupaten Bojonegoro.” tutur AKBP Ary Fadli.

Kapolres juga menambahkan, bahwa hal tersebut juga sebagai upaya bahwa Polri akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, termasuk dalam momen atau kegiatan Hari Jadi kabupaten Bojonegoro kali ini.

“Selain itu, secara pribadi olahraga lari merupakan hoby yang sudah sering saya lakukan, sebagai sarana agar tetap sehat,” pungkasnya.

Sementara terkait pengamanan jalanya kirab yang melewati jalan nasional, dirinya telah menyiagakan personel disetiap simpul-simpul persimpangan jalan, guna menghindari terjadinya kemacetan arus lalu-lintas.

“Sudah kami siagakan anggota untuk membantu kelancaran kirab api abadi ini,” terang Kapolres.

Kirab api abadi tersebut melewati jalan poros kecamatan Desa Ngunut – Pasar Dander – Jalan Bojonegoro – Nganjuk hingga nantinya api abadi tersebut untuk sementara disemayamkan di Kantor Bakorwil Bojonegoro, sebelum dibawa ke Pendapa Pemkab Bojonegoro.

Sementara itu, tampak di beberapa lokasi, sejumlah pelajar SD hingga SMA yang berada di sepanjang jalur kirab turut memberikan sambutan.

Mereka baris rapi di sepanjang jalan sambil membawa bendara kecil yang dilambai-lambaikan dan juga warga di sepanjang rute kirab juga tidak melewatkan momen tahunan sampai rela berpanas-panasan untuk melihat kirab api abadi tersebut.

“Obor api abadi akan sampai di Kantor Bakorwil Bojonegoro, di sana disemayamkan sementara dan selepas maghrib kirab dilanjutkan ke pendapa kemudian diteruskan dengan grebeg berkah,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid. S.Sos, M, Si,

Amir menambahkan, rute kirab obor api abadi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Jika tahun lalu kirab melalui jalan desa, sekarang melewati jalan nasional,” ujarnya. (WSB)