― Advertisement ―

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Jakarta, Wirafokus.com - Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan...
BerandaPendidikanTawarkan Konsep Penjara Terapung Masa Depan Bagi Tahanan Koruptor

Tawarkan Konsep Penjara Terapung Masa Depan Bagi Tahanan Koruptor

Surabaya, wirafokus.com -Setiap tahun, angka pertumbuhan tindak korupsi yang terjadi di Indonesia terus meningkat. Sehingga membawa kerugian besar pada negara, khususnya dalam hal keuangan. Namun penjara yang seharusnya layak menjadi hukuman bagi mereka, banyak yang telah disulap menjadi penjara bermodel mewah.

Beranjak dari kondisi tersebut, tiga mahasiswa Teknik Geomatika Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menawarkan ide dan solusinya melalui Program Kreativitas Mahasiswa – Gagasan Tertulis (PKM-GT), yakni mendirikan penjara terapung di wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) sebagai efek jera bagi para koruptor.

Ketiga mahasiswa tersebut yakni Resti Yully Astusi, Nicolody Ofirla Eflal Froditus, dan Anida Wahyu Dewant, Rabi (15/8/2018).

Menurut tim, wilayah yang akan menjadi titik dibangunnya penjara tersebut berada di perairan Pulau Maratua, Kalimantan Timur. Kondisi penjara yang jauh dari keramaian atau terpencil ini, akan mengakibatkan susahnya akses perjalanan dan digital.

“Tidak sembarang orang bisa masuk ke penjara karena dibangun di atas perairan yang hanya memiliki satu jalan, sehingga jika mereka melarikan diri sama dengan menjemput ajal,” tutur Nicolody Ofirla Eflal Froditus yang disapa akrab Nico itu.

Tak hanya itu, lanjut Nico, desain penjara terapung ini mampu memberikan efek psikologis juga kepada pelaku koruptor.

Ruang sel dengan warna dinding serba putih serta berukuran 1,5 x 1 meter diharapkan mampu memengaruhi psikologis tahanan untuk mengakui kesalahannya dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

 

Tersangka nantinya ditahan dalam sel khusus ini selama dua minggu dan hanya boleh dikunjungi oleh pemuka agama setiap tiga hari sekali.

“Akses tersangka dengan dunia luar juga diputus, sehingga tidak ada komunikasi,” papar mahasiswa asal Madiun itu tentang ide timnya.

Selanjutnya, imbuh Nico, untuk kasus terdakwa terdapat tahapan interogasi pengakuan. Tahap pertama, terdakwa ditanya empat mata secara baik-baik.

Apabila tidak mengaku, terdakwa akan dimasukkan sel yang nantinya akan ditenggelamkan di laut yang banyak ikan hiu, sehingga terdakwa tertekan dan merasa tidak sanggup untuk terus berbohong.

Setelah melakukan pengakuan, terdakwa akan berubah status menjadi terpidana.

Sementara hukuman bagi terpidana yang diletakkan di penjara terpidana diberi efek jera psikologis, yakni dengan dipaksa melakukan serangkaian kegiatan yang berhubungan dan berbaur dengan masyarakat kecil menengah sekitar, seperti menjadi nelayan budidaya ikan.

“Tujuannya, agar terpidana merasakan empati yang begitu dalam terhadap kondisi masyarakat dan tidak muncul keinginan untuk melakukan korupsi lagi,” ujarnya.

Konsep bangunan penjara dengan luas 50 hektare ini dinamakan tim sebagai penjara Segitiga Bermuda, karena memiliki desain tampak indah di luar namun menyeramkan di dalam.

Saat diwawancarai lebih lanjut, Nico dan tim berharap dapat membantu pemerintah dalam memberikan efek jera dan trauma berat kepada terpidana korupsi serta mendukung program pemerintah dalam mengembangkan pemanfaatan ruang laut. (HMS/FIR)