Kodim 0823 Gelar Latihan Operasi Militer Selain Militer perang Kodim 0823 Juga Tentang Penanggulangan Bencana Alam

Insert foto: Letkol Inf Akhmad Juni Toa,SE.M.I.Pol.bersama staf jajarannya saat berkodinasi mengatasi pelatihan bencana alam.

Situbondo.Wirafokus.com – Dalam peningkatkan situasi taktis untuk penanggulangan bencana alam komandan Kodim 0823 beserta Staf dan jararannya sebelum menggelar latihan operasi militer yang bertempat di Mokodim 0823 Situbondo. diadakan upacara apel bersama jajaran Rem 083/ BDJ

Sementara, untuk menghadapi dan bagaimana cara penanggulangan jika terjadi bencana alam komandan kodim 0823 Situbondo beserta Staf akan terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Situbondo. Senin (13/05/2019)

Latihan kebencanaan ini bertujuan untuk meningkatkan situasi taktis komandan Kodim Situbondo bersama Staf dan jararan, karena daerah kita situbondo ini sesuai data yang lalu, banjir merupakan potensi yang besar sering terjadi di situbondo,” Papar Dandim 0823 Letkol Inf Akhmad Juni Toa,SE.M.I.Pol.

Berkenaan dengan data tersebut secara khusus Latihan posko 1 “Baladhika Siaga 19” untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanaka operasi dan melaksanakan tanggap darurat dengan terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Situbondo terutama perihal bencana banjir

“Latihan dan simulasi ini menggambarkan kesiap siagaan komando dalam pengendalian operasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos komando, sehingga nantinya bisa meminimalisir korban saat bencana terjadi,’Terangnya.

Foto:  Dandim 0823 Letkol Inf Akhmad Juni Toa,SE.M.I.Pol memimpin pelatihan posko 1 Kodim 0823 Baladhika siaga 19

Pelaksanaan latihan tersebut menurutnya, untuk uji kemampuan satuan dalam melaksanakan tugas utama mengatasi suatu permasalahan seperti terjadinya bencana alam, pengungsian, dampak sosial dan pemberian bantuan kemanusiaan,”Gambarannya dalam kegiatan hari ini, kita memantapkan sistem komando terkait dengan siaga bencana yang diawali dengan koordinasi. Kemudian diterjunkan bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam rangka oprasi militer selain perang (OMSP) untuk menghadapi berbagai bentuk konsidensi pertahanan dan ketahanan wilayah yang timbul akibat bencana alam,” Tukas Dandim.

(H.5/A590)