Tradisi Pawai Obor Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan

Insert foto : Persiapan Pawai Obor yang di lakukan oleh warga Warga Gambirlaya Utara Kelurahan Kasepuhan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan

Cirebon.wirafokus.com – Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, bermacam ekspresi dan tradisi kebudayaan mulai ramai digelar masyarakat tanah air.

Hal ini tak lain dan tak bukan untuk menyatakan rasa syukur dan mempererat tali silaturahmi antara kaum muslimin yang sebentar lagi akan melaksanakan ibadah puasa bersama-sama.

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, ada tradisi menarik yang sering dilakukan masyarakat tanah air khususnya warga Kampung Gambirlaya Utara RW. 05 Kelurahan Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon menggelar Pawai Obor.

Pawai Obor merupakan gelaran yang sering dilakukan masyarakat Kampung Gambirlaya Utara untuk memperingati hari besar umat Islam. Tak hanya dalam menyambut bulan suci Ramadhan, tapi Pawai Obor juga dilakukan pada perayaan Tahun Baru Islam

Foto : Suasana Kampung Gambirlaya Utara Kelurahan Kasepuhan

Pawai obor biasanya digelar pada malam hari menjelang bulan Ramadhan. Dengan membawa obor yang terbuat dari bambu, ribuan masyarakat Gambirlaya Utara yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa berseragam muslim melakukan pawai keliling kampung. Sambil berjalan, rombongan pawai bersalawat yang diiringi alat musik gendang atau rabana.

Pemuka agama yang ikut dalam Pawai Obor melalui pengeras suara mengingatkan masyarakat sekitar untuk bersiap-siap menyambut datangnya bulan suci Ramadhan (Nurhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *