― Advertisement ―

Apakabar JLS Jatim, 23 Tahun Tak Selesai. Ketua DPD RI: Harus Dipercepat

Surabaya, Wirafokus.com - Telah berlangsung selama 23 tahun lebih, pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) di Jawa Timur belum juga rampung. Berdasarkan dokumen RPJPD panjang...
BerandaEkonomi & BisnisBatik Bordir dan Aksesoris Jadi Tulang Punggung Industri Kreatif di Jatim

Batik Bordir dan Aksesoris Jadi Tulang Punggung Industri Kreatif di Jatim

Insert foto : Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak didampingi Ketua Dekranasda Prov. Jatim Arumi Bachsin saat membuka Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2019 di Grand City.

Surabaya, wirafokus.com – Keberadaan batik bordir dan aksesoris di Jatim memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian di Jatim. Bahkan, eksistensinya menjadi tulang punggung industri kreatif di Jatim.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat membuka Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2019 di Grand City, Surabaya, Rabu (10/4/19).

Ia mengatakan, industri kreatif lewat batik bordir dan aksesoris yang di dominasi oleh sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Jatim terbukti mampu bertahan dari terjangan krisis ekonomi.

Industri kreatif di Jatim tersebut sebagian besar di dominasi oleh kaum ibu-ibu rumah tangga yang sangat produktif dan kreatif.

Foto : Wagub Jatim Emil Dardak saat memberikan sambutan pada acara Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2019 di Grand City.

Menurutnya, dengan adanya industri kreatif seperti batik bordir dan aksesoris dapat memberdayakan ekonomi perempuan di Jatim. Peran ibu-ibu dalam kegiatan UMKM dan industri kreatif saat ini telah mampu menjadi tumpuan ekonomi keluarga.

“Peran, ibu-ibu sebagai pilar keluarga dalam kegiatan industri kreatif seperti ini bisa turut berkontribusi bagi terciptanya ekonomi keluarga. Ibu-ibu menjadi salah satu tumpuan ekonomi keluarga. Maka, Pemprov Jatim akan terus mendorong dan bermitra dengan Dekranasda Prov. Jatim agar lebih produktif,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Prov. Jatim Arumi Bachsin mengatakan, Pameran Batik, Bordir dan Aksesoris Fair Tahun 2019 mengangkat tema “Batik Sogan Terakota Jawa Timur”. Tema tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan warna indah Batik Sogan Jatim yang terinspirasi dari warna bata Kerajaan Majapahit.

Foto : Ketua Dekranasda Prov. Jatim Arumi Bachsin

Ia menjelaskan, batik sogan merupakan jenis batik bernuansa klasik dengan warna dominan variasi warna coklat.

Jatim sendiri memiliki motif batik yang sangat mandiri dengan beragam motif di 38 kabupaten/kota dengan memiliki nilai filosofi tinggi dan mencerminkan karakteristik budaya masyarakat serta kondisi lingkungan (geografis) daerahnya masing-masing.

Dari data 2018 menyebutkan, jumlah industri batik di Jatim mencapai 9.824 industri kecil dan menengah (IKM) dan mampu menyerap 29.571 tenaga kerja.

“Kita patut berbangga bahwa Jatim kaya akan motif, warna tanpa terikat oleh pakem-pakem motif yang ada,” ujarnya.

Foto : Wagub Jatim didampingi Ketua Dekranasda Prov. Jatim Arumi Bachsin saat berkeliling melihat stan pameran Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2019

Sebagai upaya mengangkat kekayaan desain dan motif produk kerajinan Jatim, Dekranasda Jatim bertekad untuk menjadikan produk batik, bordir, tenun dan aksesoris semakin mendunia

“Bahkan Dekranasda bersama Pemprov Jatim akan memberikan fasilitas bagi para perajin, diantaranya melalui fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Barcode, Desain Kemasan, Fasilitasi Batik Mark serta Fasilitasi Pameran dalam dan luar negeri,” tutupnya. (Mas/Hms Pemprov Jatim)